Kegiatan Belajar Mengajar Bidang Umum


Kegiatan Belajar Mengajar

Bismillah. Setelah menerima bantuan berupa meja padung, kami semakin semangat dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Pun demikian dengan anak-anak didik kami, mereka sangat semangat dan sangat menikmati padung barunya yang warna-warni.

Salah satu misi kami adalah memberdayakan masyarakat melalui bidang pendidikan, baik pendidikan agama (utamanya) maupun pendidikan umum. Kami memiliki keyakinan yang kuat bahwasaya ilmu agama dan ilmu umum itu tak ubahnya ibarat mata dan kaki. Untuk bisa melihat benar dan salah, kasih dan sayang, mencintai dan menhormati maka dibutuhkan ilmu agama (ibarat mata). Sedangkan untuk mengimplementasikan ilmu agama tsb agar bisa diterapkan dengan seksama, proprsional, sesuai dengan bidangnya di masyarakat, sesuai dengan perkembangan zaman maka dibutuhkanlah ilmu umum (diibaratkan kaki) sehingga bisa melangkah dengan lancar. Banyak sekali ulama yang memiliki keahlian di bidang agama maupun dibidang ilmu umum. Bahkan tak jarang sebagian dari mereka menguasi ilmu kesehatan, fisika, matematika, perbintangan dan sebagainya.

Di dalam kehidupan, sudut pandang suatu masyarakat dipengaruhi oleh seberapa cukup pengetahuannya (pendidikan). Masyarakat yang pendidikannya mapan cenderung lebih mudah memahami keadaan sosial dan mudah berpikir posisit (khusnudzon). Sedangkan masyarakat yang keadaan pendikannya minim biasanya lebih cenderung kurang memahami keadaan sosial, mudah curiga dan memiliki sudut pandang pikiran yang sempit. Kendatipun demikian kita tidak boleh merendahkan mereka yg belum cukup memiliki pendidikan, justru kita harus membantu mereka memperluas sudut pandang, meskipun terkadang banyak kendala tapi memang sudah semestinya bersikap demikian demi kebaikan.

KBM 1

KBM 2

KBM 3


Kembali lagi ke masalah kegiatan belajar mengajar di yayasan kami.

Kami mengadakan kegiatan belajar mengajar pendidikan umum sebanyak 3 kali dalam satu minggu, yang terbagi dalam 3 hari yaitu: Minggu malam, Selasa malam dan Jumat malam. Adapun waktunya adalah setelah waktu Isya. Kegiatan belajar mengajar umum dilakukan setelah Isya karena ketika waktu sebelum Isya anak-anak harus belajar mengaji terlebih dahulu. Sehingga tidak ada jadwal yang bentrok ataupun saling mengorbankan jadwal. Apapun perubahan atau peningkatan yang kami lakukan pada yayasan kami, haruslah tetap sinergi dengan aspek-aspek yang sudah ada. Sehingga tercipatalah kemajuan dalam keselarasan. In harmonia progressio.

Dengan adanya KBM (kegiatan belajar mengajar) ini diharapkan prestasi anak didik kami di  sekolahnya bisa semakin maju dan semakin berprestasi. Karena memang kadang kala, kesulitan seorang anak ketika belajar di rumah adalah kadang tidak punya tempat bertanya ketika menemukan kesulitan, Nah di sini lah posisi kami, membantu anak didik kami menjawab kesulitan-kesulitan yang dialami dalam belajarnya.

Mohon doa bagi kami semoga senantiasa diberikan keistiqomahan dalam melakukan setiap kegiatan dan mohon doanya pula semoga anak didik kami kelak bisa berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Dengan harapan tewujudlah cita-cita kami untuk Berbakti Negeri sesuai dengan nama yayasan kami Yayasan Kalimas Bhakti Negeri.

Salam Bhakti Negeri.
Previous
Next Post »